© 2024 — OSIS/PK Bhawikarsu

This website uses cookies to improve your experience. By accessing this website you consent to the use of cookies.

Smanti BlogGARKABHASU: Menjawab Tantangan Pendidikan Abad 21Berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaboratif dan komunikatif merupakan Tantangan pendidikan pada abad 21GARKABHASU: Menjawab Tantangan Pendidikan Abad 21

Berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaboratif dan komunikatif merupakan Tantangan pendidikan pada abad 21 . Tantangan tersebut merupakan tanggung jawab kita semua sebagai guru, orang tua, OSIS, dan juga masyarakat pada umumnya. Tantangan tersebut bisa diwujudkan di luar maupun di dalam sekolah baik di dalam kelas dan di luar kelas.

Garkabhasu atau Gelar Karya Bhawikarsu merupakan manifestasi kreatifitas seni siswa siswi smanti yang diadakan tiap tahun. Garkabhasu ini merupakan kompetisi seni antar kelas, yang biasanya di fokuskan pada musik kelas dan tarian kelas. Garkabhasu ini diikuti oleh seluruh kelas di kelas X dan XI kecuali kelas XII yg memang berfokus pada persiapan kuliah ke jenjang berikutnya.

Seluruh siswa di dalam kelas tersebut harus berpartisipasi aktif dalam memberikan hasil yang membanggakan kelasnya tentunya sesuai dengan tugasnya masing masing. Misal tarian kelas seluruh siswa siswi didalam kelas dituntut berpartisipasi aktif mulai bagian pengisi, manajer, pelatih, perlengkapan, audio, dekorasi kreatif, content creator, sampai bagian di belakang layar. Bahkan peran orang tua dan wali kelas juga sangat berpengaruh dalam kesuksesan tim karena beliau merupakan motivator dan penyumbang ide yang hebat.

Uniknya seluruh anggota kelas harus berpartisipasi aktif dalam penampilan kelasnya baik siswa yang suka menari, anak-anak yang tidak suka menari,anak tidak pernah menari, anak tidak pernah tampil di panggung semuanya berkolaborasi dan berkomunikasi utk meraih hasil yang maksimal. Tentunya berkolaborasi dan berkomunikasi utk membentuk tim tarian kelas yang kompak juga tidak mudah, dibutuhkan kesabaran, keuletan, kemauan yang kuat dan menyamakan visi bersama. Mereka harus berpikir kritis untuk memecahkan berbagai masalah mulai perencanaan, alur cerita, ide kreatif, pelatihannya sampai penentuan tempat latihan dan waktu latihan, kostum, dekorasinya sampai pendanaannya.

Dengan melihat kemampuan anggotanya seorang manajer harus mengkoordinasikan dan mencari ideide kreatif agar tarian kelasnya bagus, bisa bercerita serta bisa memberikan kebermaknaan tentang kehidupan. Tentunya alur cerita tariannya selalu dinamis dan berkembang sesuai ide ide dari anggota kelasnya, mulai dari bentuk tariannya, ceritanya, musik pengiringnya bahkan sampai tukar peran. Nilai nilai demokrasi muncul pada proses ini, seluruh anggota kelas mempunyai hak untuk memberikan masukan maupun kritikan kepada pemimpinnya dan seorang manajer menerima pendapat yang kemudian dibicarakan bersama dan akhirnya melahirkan keputusan yang hebat.

Kegiatan Garkabhasu ini memungkinkan seluruh siswa untuk aktif berkegiatan di luar kelas sehingga kegiatan ini meminimalisir anak yang kurang pergaulan atau kurang bersosial. Kegiatan ini juga memungkinkan siswa untuk meningkatkan berpikir kritis, berpikir kreatif, berkolaboratif, berkomunikatif, berdemokrasi dan motivasi berprestasi.

Ditulis oleh Wawan Pramunadi, M.Pd